Tips Menjaga Kesehatan Sebelum Liburan

Untuk bisa pergi liburan, kita harus mempersiapkan banyak hal sejak jauh-jauh hari. Mulai dari soal mengatur rencana perjalanan, mengajukan izin ke pimpinan di kantor, sampai urusan menyisihkan penghasilan. Serba terniat pokoknya demi liburan. Betul nggak, guys? Eitss, tapi ada 1 hal penting juga nih yang nggak boleh kalian lupakan, yaitu soal kondisi kesehatan. Nggak lucu banget kannn kalau mendekati jadwal liburan yang sudah dinanti sekian purnama, kalian malah jatuh sakit. Emang sih penyakit itu bisa datang kapan aja. Kaya kenangan sama mantan terindah yang suka tiba-tiba muncul di ingatan gitu. Tapi, kemungkinan sakit itu bisa kita hindari dengan menjaga kesehatan dengan baik. Caranya gimana? Saya biasanya melakukan 4 tips menjaga kesehatan sebelum liburan di bawah ini loh.

  • Menjaga kesehatan sebelum liburan dengan rutin berolahraga

Rajin Berolahraga Untuk Menjaga Kesehatan Sebelum Liburan

Pas liburan nanti, nggak cuma tidur di penginapan aja kan? Pasti sudah punya sederet daftar tempat-tempat wisata yang pengen dikunjungi. Berkunjung ke tempat-tempat seperti itu akan membutuhkan banyak energi dibandingkan di hari-hari biasa. Apalagi kalau lokasinya lumayan ekstrim.

Trus ada yg bilang, “nggak kok, aku liburannya cuma mau belanja belanja manjah ajahhh…” Belanja juga butuh tenaga ekstra heiii… Iya kan? Belum lagi kalau yang diborong buanyaaakkk banget. Nenteng belanjaan nggak cukup pakai doa, pakai tenaga juga keleusss

Nhaa makanya guys, penting banget buat menjaga kondisi tubuh tetap fit dengan rutin berolahraga. Dengan rutin berolahraga, maka tubuh kita akan terbiasa dan nggak kaget walaupun melakukan banyak aktivitas saat liburan. Bayangkan kalau rutinitas sehari-harinya cuma makan, duduk diem di kantor, ngobrol, tidur, balik lagi makan, ngantor, ngobrol. Trus tiba-tiba harus diforsir jalan kaki seharian mengexplore tempat wisata, bahkan mungkin dengan medan yang juga nggak biasa. Dijamin tepar kalau tubuh kita nggak terbiasa. Manfaat lain dengan rutin berolahraga, tubuh kita bakalan tetap sehat dan resiko terkena penyakit bisa diminimalisir.

  • Sayangi tubuh dengan asupan makanan dan minuman yang bergizi

Jangan Lupa Bahagia - Untuk Menjaga Kesehatan Sebelum Liburan

Selain olahraga, kita juga perlu mendukung kondisi tubuh tetap sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Kurang-kurangi deh tuh makan fastfood dan minuman bersoda. Perbanyak porsi sayuran dan buah. Pola makannya juga wajib diperhatikan dan diperbaiki kalau selama ini masih berantakan. Kondisi tubuh yang nggak sehat salah satunya bisa disebabkan oleh asupan makanan dan minuman yang nggak tepat, serta pola makan yang nggak teratur. Saya sudah membuktikannya, hihihi…

  • Cek kondisi kesehatan ke dokter

Yuk Cek Kesehatan ke Dokter
Pic : hellosehat.com

Jangan pacar terus yang diapelin, sekali-kali ngapelnya ke dokter dong. “Dih, jangan ngatur, dev. Buat apa ke dokter? Kan nggak sakit?”

Begini sahabatku, ke dokter emang nggak harus pas kita (merasa) sakit. Nggak ada salahnya dong kita cek kondisi kesehatan ke dokter sebelum pergi liburan. Biar tau aja kesehatan kita benar-benar dalam kondisi yang oke apa nggak. Terutama kalau kita mau pergi liburan ke tempat yang lumayan jauh.

Kita juga jadi bisa mendeteksi dan mengatasi lebih dini kalau ternyata ada penyakit yang bisa mengganggu aktivitas selama liburan. Istilahnya bisa diperumpamakan seperti sedia payung sebelum hujan, atau sedia gandengan sebelum pergi ke kondangan mantan… #ehhh

Buat yang memang punya riwayat penyakit tertentu, cek kondisi kesehatan ke dokter ini jelas penting banget. Dokter bisa kasih rekomendasi terkait kondisi kesehatan kita, seperti apa yang boleh dan nggak boleh dilakukan selama liburan, dan tentunya bekal obat untuk di perjalanan.

  • Jangan lupa bahagia!

Yang terakhir ini, seringnya disepelein loh, tapi ternyata penting banget untuk menjaga kesehatan sebelum liburan. Apa tuhhh? Jangan lupa bahagia, sahabat! Ini terkait sama kesehatan mental. Kalau mental dalam kondisi nggak baik, bisa berpengaruh banget sama kesehatan fisik. Sudah banyak loh penelitian yang membuktikan soal relasi antara kebahagiaan dengan kesehatan fisik seseorang.

Ada banyak cara supaya bahagia. Salah satunya bisa dengan mempraktekan tips nomor dua tadi, yaitu soal pola makan yang baik. Ternyata pola makan yang baik bisa mempengaruhi mood juga. Cara lainnya bisa baca di sini.

Makanya, usahakan untuk jangan lupa bahagia menjelang liburan. Bahagia beneran, jangan pura-pura bahagia. Kata dek Dilan, pura-pura bahagia itu berat 🙁

***

Yok guys, sama-sama mulai rajin menjaga kesehatan sebelum liburan biar tetap bisa pergi sesuai rencana awal. Buat kalian yang punya kebiasaan lain untuk menjaga kesehatan sebelum liburan, boleh loh diceritain di bawah (kolom komentar). Biar yang lain juga terinspirasi…

Tinggalkan komentar