Pengen Liburan ke Luar Negeri? Yuk, Simak 6 Tips Untuk Mewujudkannya

Kata siapa liburan ke luar negeri itu cuma mimpi yang susah untuk diwujudkan? Nggak juga loh. Kalau diniatin dan diusahakan, pasti bisa. Saya dulu pengen banget bisa jalan-jalan ke luar negeri. Karena saya nggak mau mimpi itu cuma jadi sekedar mimpi, akhirnya saya usaha lah gimana caranya supaya suatu hari bisa terwujud. Saya banyak baca tips biar bisa liburan ke luar negeri. Ternyata, beberapa tips itu kalau dipraktekan dan dijalankan secara konsisten hasilnya oke juga. Alhamdulillah akhirnya saya bisa pergi liburan ke beberapa negara.

Explore Thailand
Explore Thailand Waktu Masih Kuyuzzz 😀
Explore Korea
Explore Korea

Sekarang saya mau bagi tipsnya nih biar kalian juga bisa liburan ke luar negeri. Liburan loh yaaa, bukan jalan-jalan yang sambil kerja atau study. Murni buat refreshing aja.

Pilih Negara Yang Mau Jadi Tujuan & Gali Informasi Sebanyak-Banyaknya

susun rencana liburan
Foto : qerja.com

Langkah pertama kita harus tau dulu nih mau pergi ke negara mana. Gali informasi sebanyak-banyaknya tentang negara itu. Mulai dari dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk masuk ke sana, rute dan harga tiket pesawat, penginapan, transportasi, trus sampai urusan kulinernya juga. Ini nanti bakal berhubungan sama perkiraan biaya-biaya yang akan dikeluarkan.

Misalnya, untuk pergi ke negara A ternyata butuh paspor dan visa. Cek berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk membuat paspor (kalau belum punya) dan biaya mengurus visa ke negara tersebut. Trus dari hasil menggali informasi, kita juga bakalan tau gambaran kondisi transportasi publik yang tersedia, termasuk kisaran biayanya. Soal penginapan pun kita juga jadi bakalan tau kisaran biayanya. Biasanya informasi tentang mahal atau murahnya biaya makan di suatu negara juga bisa kita dapatkan kalau rajin menggali informasi. Dari hasil cari-cari informasi itulah kita akan punya gambaran umum soal keseluruhan biaya yang dibutuhkan untuk liburan ke suatu negara.

Kalau nggak mau repot, setelah tau mau ke negara mana, kalian bisa cari paket liburan ke luar negeri yang ditawarkan oleh agen-agen perjalanan resmi dan terpercaya. Dari situ kalian bisa lihat sendiri kisaran biaya keseluruhan yang dibutuhkan.

Biar Bisa ke Luar Negeri: Menabunglah, Guys

nabung untuk liburan
Foto : beritagar.id

Hmm, kalau sudah tau mau ke negara mana dan sudah ada bayangan kisaran biaya yang diperlukan, baru deh siapin uangnya. Kalau uangnya nggak ada gimana? Nabung dong, hehe…

Saya dulu nggak selalu tiba-tiba pengen ke negara mana trus bisa langsung berangkat loh. Kebanyakan harus nabung dulu, dan mulai nabungnya bisa sampai setahun sebelum jadwal keberangkatan. Malah kadang bisa lebih. Ini sungguh #terniat ya guys.

Jumlah uang yang ditabung berapa? Kalau soal jumlahnya, liat poin 1 lagi deh. Pas sudah tau mau ke negara mana dengan kisaran biaya berapa, kita bisa menentukan sendiri jumlah yang mau ditabung per bulannya. Cara nabungnya bisa dipilih sendiri. Disesuaikan aja sama yang kalian mau.

Cari Pemasukan Tambahan

Kerja Sampingan Untuk Tambah Pemasukan

Kalau mahasiswa, atau pekerja tapi punya waktu luang, bisa kerja tambahan dengan kerja paruh waktu atau bisnis kecil-kecilan. Manfaatkan hobi atau keahlianmu untuk jadi sumber penghasilan. Misalnya membuka jasa desain, kerajinan tangan, bloger, sketsa wajah, jualan online, dll. Banyak jalan menuju Roma, banyak jalan menuju negara orang, hihihi…

Cara ini bisa dicoba kalau dari hasil hitung-hitung ternyata dengan nabung aja dirasa nggak cukup. Saya dulu pas jaman masih kuliah, jualan barang juga buat nambah-nambahin tabungan liburan. Lumayan kan kalau ada uang lebih buat pos dana cadangan saat liburan di negara orang.

Cari Teman Liburan

Liburan Bareng Teman Bisa Menghemat Pengeluaran Loh
Jelajah Melaka dan Kuala Lumpur Bareng NHCL

Cari teman liburan ini kalau buat saya penting juga. Selain biar nggak bengong sendirian, liburan bareng teman itu lebih menyenangkan. Bisa senang-senang bareng, bisa nyasar bareng, bisa kesel bareng-bareng juga. Pokoknya susah seneng di negara orang ada temannya lah.

Nggak cuma itu aja sih. Kalau punya teman yang bisa diajak liburan bareng, dari segi biaya kita juga bisa lebih menghemat. Share cost gitu istilahnya. Walaupun dari hasil nabung dan kerja tambahan tadi sudah bisa menutupi biaya liburan sendiri, tapi lumayan kan kalau ternyata ada sisa uang yang bisa dialokasikan untuk belanja, kulineran, atau dipos untuk budget liburan selanjutnya, hihihi…

Rajin Cek Promo

Foto : travel.dream.co.id

Maskapai penerbangan sering loh bikin promo-promo menarik, tapi kalau nggak rajin cek percuma juga. Buka aja website resmi maskapai penerbangan, atau website penyedia layanan tiket online (OTA) seperti traveloka, tiket.com, skyscanner, dll. Nggak cuma tiket pesawat, sering ada juga promo penginapan dan tiket atraksi wisata dari agen-agen perjalanan. Ini bisa banget dipakai untuk menghemat pengeluaran.

Terakhir, Cara Paling Ampuh dan Nggak Boleh Nggak Dilakukan : Berdoa!

Doa Untuk Mewujudkan Mimpimu

Heii… heiiii… nggak boleh ketawa lohhh. Bukan sok religius, tapi memang berdoa adalah hal yang paling penting. Apapun yang kita inginkan dan sedang direncanakan, bawa berdoa deh supaya semua rencananya bisa dilancarkan. Setuju… setuju…? Aminnnn.

*****

Kalian yang memendam hasrat pengen liburan ke luar negeri tapi masih takut dan bingung gimana caranya, yuk diawali dulu dengan mencoba tips tadi. Yang penting yakin dan konsisten aja. Semangat! Oh iya, kalau ada yang sudah pernah ke luar negeri dan punya tips lain, yuk yukkk… share di kolom komentar.

Satu pemikiran pada “Pengen Liburan ke Luar Negeri? Yuk, Simak 6 Tips Untuk Mewujudkannya”

Tinggalkan komentar