Pasar Karetan : Destinasi Digital di Boja, Kendal Jawa Tengah

Ada yang sudah pernah main ke Pasar Karetan di Boja-Kendal? Pasar yang cuma ada setiap hari minggu ini merupakan salah satu destinasi digital yang ada di Jawa Tengah lho. Rugi deh kalau nggak main ke sana.

“Apa tuh destinasi digital, mb? Keren kah?” Saya pernah ditanya gitu lewat pesan singkat di Whatsapp pas lagi sebar-sebarin info tentang Pasar Karetan.

Jadi gini lho, tren pariwisata sekarang kan condong ke destinasi ‘zaman now’ alias harus kekinian dan keren untuk foto-foto. Haioo… siapa yang nggak suka foto-foto pas lagi berwisata ke tempat yang keren? Saya aja suka, hihi…

Nah Kementerian Pariwisata melihat peluang ini dan menggandeng GenPi (Generasi Pesona Indonesia). GenPI lalu mengkreasikan destinasi digital (digital tourism) dan mempromosikannya lewat sosial media. Tujuannya untuk meningkatkan minat kunjungan pariwisata di Indonesia. Destinasi digital ini merupakan destinasi wisata yang instagramable, dan cara promosinya lebih banyak menggunakan media sosial. Pas banget kan dengan gaya zaman now yang kalau pergi wisata suka sambil unggah foto-foto kerennya.

Makin keren dan menarik suatu tempat wisata untuk foto-foto atau ngevlog, biasanya bakalan makin rame deh untuk dikunjungi. Jadi secara nggak langsung promosi pariwisata juga akan tersalurkan melalui media sosial oleh para wisatawan yang sudah berkunjung.

Radja Pendapa - Pasar Karetan
Di Radja Pendapa Inilah Pasar Karetan Digelar. Photo by OlipeOile.

Balik lagi ke soal Pasar Karetan. Sebagai destinasi digital yang sudah diupayakan dengan perjuangan sepenuh hati oleh GenPI JaTeng (uhukkk…) Pasar Karetan dijamin jadi tempat wisata yang oke dan memuaskan untuk para pengunjungnya. Masa sih? Iya laaa…

Pasar Karetan Konsepnya Unik

Pasar Karetan lokasinya ada di Radja Pendapa Camp, Boja-Kendal. Dekat banget sama kawasan hutan karet. Buka setiap hari minggu mulai pukul 06.00 – 12.00 WIB. Berada di tengah alam yang masih asri banget, nuansa pedesaan dan segarnya udara alam sekitar menjadi sesuatu yang bisa dinikmati oleh pengunjung pas lagi main ke Pasar Karetan. Jangan menghirup udara penuh polusi terus di kota  :p

Walaupun destinasi digital bertujuan untuk menciptakan ‘wisata zaman now’, Pasar Karetan nggak meninggalkan konsep tradisional. Justru rasa tradisional dan budaya diangkat serta dikemas secara menarik lho..

Photo by GenPI JaTeng

 

Jajanan Pasar Yang Bisa Dinikmati di Pasar Karetan
Jajanan Pasar Yang Bisa Dinikmati di Pasar Karetan. Photo by GenPI JaTeng

Bisa dilihat dari dekorasi dan konsep tempatnya yang masih serba tradisional. Belum lagi aneka makanan dan minuman yang khas Nusantara banget. Ada bakso batok, lunpia, soto, nasi kuning, gendar pecel, nasi bakar, aneka jajanan pasar, jadah bakar, dan masih banyak lagi. Untuk membeli makanan dan minuman itu, pengunjung harus membayar dengan uang girik yang sebelumnya harus ditukarkan dulu di tempat penukaran uang.

Seru-Seruan di Pasar Karetan

Nggak usah bingung di Pasar karetan mau ngapain. Kulineran udah pasti wajib ya. Secara makanan dan minumannya enak-enak. Siapin ruang di perut aja. Eh, sama uang, denk, hahaa.. Sambil kulineran, kalian bisa mendengarkan hiburan musik dan geguyonan yang renyah banget dari para mc yang ketje. Mau sambil ngobrol-ngobrol dengan sesama pengunjung juga monggo. Suasananya hangat dan bersahabat banget di Pasar Karetan ini. Siapa tau nanti dari antara pepohonan di Pasar Karetan, jodoh kalian hai para jomblo, bisa tiba-tiba muncul :p

MCnya Bikin Suasana di Pasar Karetan Makin Seru
MCnya Bikin Suasana di Pasar Karetan Makin Seru. Photo by GenPI JaTeng.

Pasar Karetan juga ramah anak-anak lho. Bisa banget para orangtua ngajak anak-anaknya ke sini. Mereka bisa dikenalkan pada macam-macam permainan tradisional seperti egrang, lompat tali, bakiak, atau congklak. Biar nggak pada mainan gadget atau game online aja di rumah. Nanti orangtuanya bisa ikutan main juga. Mengenang masa kecil gituuu dehhh. Oh iyaa, ada spot panahan juga. Bisa tuh kalau mau coba belajar memanah. Saya udah coba. Ternyata nggak semudah yang diliat, harus ekstra fokus.

Di Pasar Karetan Orangtua dan Anak Bisa Bermain Bersama Kaya Gini
Di Pasar Karetan Anak Bisa Diajak Bermain Bersama Kaya Gini. Photo by GenPI JaTeng

Pasar Karetan tiap minggunya juga dimeriahkan dengan berbagai acara yang beda-beda lho gaes. Biar nggak bosen kalau kalian mau datang ke sini tiap minggu. Contohnya nih, pas Pasar Karetan #12 temanya “Jarikan Ning Pasar Karetan”. Trus pas Pasar Karetan #13 ada special perform Tari Payung dari sanggar tari Bekso Sumekar Ungaran. Ada juga tamu-tamu perorangan atau komunitas yang akan sharing dengan pengunjung Pasar Karetan.

Hmmm… kira-kira Pasar Karetan #14, #15, #16, dan seterusnya mau ada apa lagi ya? Yuk difollow dulu Instagram Pasar Karetan biar nggak ketinggalan update info acara-acara serunya. Sekalian liat-liat keseruan dari teman-teman lain yang sudah pernah main ke Pasar Karetan, hihi… biar mupeng deh…

Keliling Dulu Yuk di Sekitar Pasar Karetan
Keliling Dulu Yuk di Sekitar Pasar Karetan. Photo by GenPI JaTeng

Kalau sudah puas di area utama, kalian bisa coba keliling ke area lain di sekitar Pasar Karetan. Menikmati alamnya dong. Bagus deh pemandangannya. Kalian juga bisa menemukan banyak spot ketje untuk foto-foto.

Keseruan saya di Pasar Karetan juga bisa ditonton di video ini lho

Kalau kalian pengen ke Pasar Karetan, yuk ayukkks, boleh banget. Nggak usah ragu-ragu. Nggak usah tanggung-tanggung. Sekalian ajak ayah, ibu, kakak, adik, om, tante, kakek, nenek, pacar (gelap), teman (tapi mesra), atau mau warga satu RT juga makin sipppp.

10 pemikiran pada “Pasar Karetan : Destinasi Digital di Boja, Kendal Jawa Tengah”

Tinggalkan komentar