Sharing Bisnis Dari Blogger Menjadi Entrepreneur Bersama Juara Community

Menjadi seorang blogger memang menyenangkan. Apalagi kalau yang ditulis tentang perjalanan wisata. Sesuailah dengan passion saya. Sebagai travel blogger, memang saya menulis suka-suka saja. Saat jalan-jalan ke suatu tempat, saya mengabadikannya dengan foto dan tulisan di blog.

Awalnya iseng, tapi makin ke sini, ternyata itu bisa jadi pekerjaan/bisnis sampingan yang menghasilkan. Aktivitas menulis ternyata memang jadi tambah menyenangkan ketika juga bisa jadi sumber rejeki. Selama ini di beberapa kesempatan, saya beruntung bisa jalan-jalan sambil mereview tempat yang disinggahi. Uihhh… senangnya jangan ditanya.

Untuk mendukung aktivitas sampingan itu, saya sering mengikuti seminar, pelatihan, talkshow, dll yang berkaitan dengan pariwisata, blog, sampai soal entrepreneur. Saya percaya ilmu itu bisa didapat dari mana aja. Ya buku, ya teman-teman perjalanan, orang baru yang ditemui, bahkan dari ikutan seminar.

Kemaren, tanggal 6 Maret 2018, ternyata ada Gathering Blogger & Talkshow berjudul ‘from blogger to entrepreneur’. Waah… dua hal yang saya suka banget tuh. Nggak mikir panjang lagi deh. Saya langsung daftar buat ikutan.

Acaranya di ruang Sphere 2, Lantai 8, All Stay Hotel. Ada dua pembicara yang dihadirkan oleh juara community Pertama adalah Bapak Juliari Batubara, seorang anggota DPR RI dari Fraksi PDI-P dan juga seorang pengusaha sukses di Indonesia. Kedua adalah Agustina Dwi Jayanti (Tina), Blogger dan inisiator Pasar Karetan. Walaupun acaranya dimulai agak terlambat, tapi nggak mengurangi keseruan. Acaranya berlangsung santai dan menyenangkan.

Talkshow

Sesi Pertama : Agustina Dwi Jayanti

Di sesi pertama, Tina banyak berbagi tentang perjalanannya menjadi seorang blogger. Dulunya diawali dari hobinya menulis. Ia punya karya antologi yang sudah dibukukan lho..  Lalu ia tertarik untuk menuliskan berbagai pengalamannya di blog. Alamat blognya  www.ceritadandelion.com.

Dari yang awalnya hobi, lama kelamaan ada peluang untuk bisa menghasilkan uang dari blognya. Selain blogger menjadi suatu pekerjaan bagi Tina, keuntungan lainnya adalah memiliki banyak teman maupun relasi bisnis.  Peluang kerjaan ini bertambah banyak sejak Tina bergabung di komunitasnya para blogger, yaitu Gandjel Rel.

Tuh kan asik juga ya menjadi blogger. Sudah bisa menjadi sebuah pekerjaan, bisa berbisnis pula… :p

Nah selain Gandjel Rel, Tina juga bergabung di GenPI Ja-Teng, sebuah komunitas yang fokus pada promosi pariwisata. Di sesi ini, Tina bercerita sedikit tentang Pasar Karetan yang dikelolanya bersama teman-teman di GenPI Ja-Teng.

Blogger to entrepreneur

Sebagai seorang inisiator Pasar Karetan, Tina menceritakan bahwa ia dan kawan-kawan harus memiliki ide kreatif tiap minggunya dan harus gencar promosi melalui sosial media. Meskipun sebagai inisiator Pasar Karetan, Tina juga melakukan promosi secara rutin tentang Pasar Karetan, dan mengajak komunitas GenPI Ja-Teng untuk membantu mengelola Pasar Karetan. Sehingga pasar karetan bisa mencapai omset Rp. 30.000.000,- tiap minggunya berkat kerja keras dan ide kreatif Tina bersama tim.

Bagi Tina, entrepreneur itu memang berorientasi pada duit, tetapi dari kesuksesan itu kita bisa membantu banyak orang. Hal ini dilakukan saat ia menjadi inisiator Pasar Karetan yang bisa membantu mensejahterakan perekonomian warga setempat.

Sesi Kedua : Juliari P. Batubara

Yang nggak kalah seru adalah sesi kedua yang diisi sama Bapak Juliari P. Batubara. Kesibukan beliau saat ini adalah sebagai anggota DPR RI dan juga pengusaha. Keren ya. Di DPR, beliau berada di Komisi VI. Yaaa masih nyambung lah sama dunia beliau di bidang usaha/bisnis.

Berangkat dari pengalaman beliau sebagai seorang pengusaha, Bapak Juliari membagikan tips sederhana menjadi seorang entrepreneur.

Tips yang pertama nih dari Bapak Juliari adalah harus berani memulai dan berani rugi. Gimana mau jadi pengusaha kalau memulai aja nggak berani? Haiooo… Pas mau mulai, malah nggak berani karena mikir ah gimana kalau nanti rugi. Yahhh.. jadi pengusaha harus siap rugi dong. Pesan beliau, justru di saat kita rugi itulah kita bisa banyak belajar gimana caranya biar bisa bangkit lagi.

Tips kedua adalah mau bergaul dengan orang lain. Saya setuju nih. Kalau berbisnis itu kan perlu punya banyak kenalan dan membangun jejaring. Coba deh liat pengusaha-pengusaha sukses di luar sana, pasti kenalannya banyak.

Tips ketiga, jangan ketinggalan sama kemajuan teknologi. Teknologi sekarang ini sudah maju banget. Kalau kita nggak bisa menyesuaikan diri dan bisnis kita dengan kemajuan teknologi, wah bakalan payah deh. Sekarang semua sudah serba teknologi. Komunikasi dengan rekan bisnis, marketing, dan lain-lain pakainya teknologi.

Tips keempat harus selalu punya ide yang kreatif. Saya setuju juga. Jadi entrepreneur kalau idenya nggak kreatif… yaaa susah, gaes. Bisnis kita bisa kalah saing. Di saat yang lain punya ide tapi kita nggak bisa menemukan ide yang lebih cemerlang, dijamin kita akan ketinggalan banget..

Gathering Blogger dan talkshow

Menurut saya Bapak Juliari Batubara memiliki kredibilitas sebagai seorang pembicara tentang dunia bisnis. Selama sesi talkshow , pertanyaan demi pertanyaan dari audience sudah dijawab dengan cepat dan memuaskan oleh Bpk Juliari. Sayapun mendengar interaksi yang seru juga ikut paham, dan berkata dengan diri sendiri “Oh.. menjadi pebisnis itu harus begitu..selain punya niat juga punya ide kreatif dan berani”

Nah, dari acara gathering dan talkshow ‘from blogger to entrepreneur’ ilmu saya jadi bertambah lagi nih. Apalagi langsung belajar dari yang sudah berpengalaman. Semoga setelah jadi blogger, saya juga bisa segera jadi entrepreneur, minimal punya usaha sesuai passion saya dibidang tulis menulis maupun pariwisata hihihi… Aminnn…

 

16 pemikiran pada “Sharing Bisnis Dari Blogger Menjadi Entrepreneur Bersama Juara Community

Tinggalkan komentar