Tips, Traveling

TUJUH BARANG YANG SELALU ADA DALAM TRAVEL BAG

 

Ketika traveling, selain pakaian dan perlengkapan mandi, pasti ada list barang-barang lain yang harus dibawa di dalam tas. Barang-barang tersebut tentu dirasa akan sangat bermanfaat, sebab tanpa itu, bisa jadi perjalanan terasa kurang lengkap.

Begitu pula saya. Ada cukup banyak barang-barang penting yang tidak boleh tertinggal ketika traveling. Sebut saja sebagai contoh, 7 (tujuh) barang di bawah ini yang mesti, harus, wajib, dan pasti selalu ada dalam travel bag saya saat traveling…

1.  Smartphone

Barang multifungsi yang satu ini benar-benar tidak pernah absen dari tas saya ketika traveling. Selain untuk keperluan telepon dan sms, kebutuhan informasi mendadak sehubungan dengan perjalanan yang sedang saya lakukan pun dapat terselesaikan dengan keberadaan smartphone. Misalnya ketika nyasar, aplikasi gps dapat digunakan. Kamera di smartphone juga sangat membantu ketika saya sedang tidak mood membawa kamera dslr. Saat sedang dalam perjalanan atau menunggu jadwal keberangkatan, game dan musik dari smartphone pun mampu mengusir rasa suntuk.

 2.  Charger / Power Bank

Apa gunanya membawa smartphone jika baterainya habis? Seiring dengan ‘matinya baterai’ kita pun tentu akan ikut ‘mati gaya’. Walaupun memiliki smartphone yang tidak boros baterai, namun bagi saya yang suka traveling seharian, dan lumayan aktif menggunakan smartphone, charger/power bank tetap sangat saya butuhkan. Inilah alasan mengapa saya tidak pernah lupa membawa charger / power bank dalam travel bag.

3.  Obat-Obatan

Barang yang satu ini juga tidak kalah penting. Siapa yang tahu ketika sedang traveling lalu penyakit tiba-tiba datang menyerang? Misalkan tidak tahan dingin, mendadak jadi flu. Tidak tahan berlama-lama di bawah terik matahari, mendadak jadi sakit kepala. Kemungkinan lain, bisa jadi perut tidak cocok dengan makanan setempat, dan berujung pada sakit perut. Jadi, tidak ada salahnya untuk selalu menyediakan perlengkapan obat-obatan. Gak seru banget kan tiba-tiba perjalanan jadi mendadak ‘garing’ karena sakit.

 4.  Botol Minuman

Merasa haus saat traveling? Pasti. Minum air yang cukup menjadi salah satu kunci untuk menjaga stamina selama traveling. Namun, tidak selamanya di lokasi perjalanan dapat dengan mudah menemukan air minum, minimal air putih. Kalaupun ada, bisa jadi harganya mahal atau kita kurang yakin dengan kebersihan airnya. Membawa botol minuman sendiri akhirnya menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Tentu saja botol minuman tersebut haruslah kuat dan tidak mudah bocor.

5.  Dompet

Kartu tanda pengenal, uang, dan beberapa kartu penting lainnya yang menjadi ‘penghuni tetap’ dompet, berhasil membuat barang ini masuk dalam daftar barang yang pasti akan saya bawa ketika traveling kemana pun.

 6.  Buku Catatan Kecil

Saya selalu suka menyimpan catatan penting mengenai rencana perjalanan yang akan saya lakukan dalam sebuah buku catatan kecil. Misalnya tentang apa transportasi yang nantinya harus saya gunakan, harus naik dan turun di mana, bagaimana jadwalnya, dll. Terkadang, dalam perjalanan pun ada hal-hal yang memang harus saya catat atau coret-coret dalam buku catatan, misalnya seperti rute menuju suatu lokasi atau mencatat nama dan nomor telepon penting.

 7.  Tissu / Hand Sanitizer

Selain untuk menyeka keringat, tissu bisa digunakan ketika ada bagian tubuh yang kotor namun di saat yang bersamaan di tempat tersebut tidak tersedia air. Begitu pula hand sanitizer, dapat digunakan untuk mensterilkan tangan ketika akan makan namun tidak tersedia air.

Yapss…itu dia 7 (tujuh) barang penting yang pasti selalu ada dalam travel bag saya setiap kali traveling. Bagi tiap-tiap traveler, barang-barang kebutuhan tersebut mungkin akan berbeda-beda. Lalu, apa barangmu?? 😀

Tagged ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *