Tips, Traveling

Hati-Hati Copet di Kendaraan Umum !!!

Bagi yang sering traveling menggunakan bis, kereta, atau kendaraan umum lainnya, sebaiknya berhati-hati dan selalu mengawasi barang bawaan. Kenapa? Biar nggak dilirik sama yang namanya copet! Aksi pencopetan sangat rawan terjadi di dalam kendaraan umum. Nggak asyik banget kan, pengennya seru-seruan traveling, ehh…malah kecopetan. Berikut ini beberapa tips yang mungkin dapat membantu agar terhindar dari aksi pencopetan di dalam kendaraan umum.

Sebelum naik ke dalam kendaraan umum, siapkan uang pas (bisa juga dilebihkan sedikit) dan simpan di dalam saku. Hal ini penting agar ketika di dalam kendaraan umum kita tidak perlu menampakkan dompet lengkap beserta isinya kepada si pencopet.

Perhatikan tas. Letakkan tas di bagian depan/dada, terlebih saat akan keluar dari kendaraan umum. Pastikan tangan memegang/memeluk erat tas. Ketika tas sekedar diletakkan di depan, bukan jaminan bahwa tas 100% telah aman. Selain itu, pastikan resleting tas juga telah tertutup dengan baik. Jika memungkinkan, letakkan resleting pada bagian atas tas agar tetap terlihat.

Letakkan handphone, dompet, kamera, atau barang berharga lainnya di bagian tas paling dalam. Hal ini agar barang-barang tersebut tidak mudah dijangkau dengan cepat ketika si pencopet sedang beraksi. Sebaiknya, jangan keluarkan barang-barang berharga tersebut apabila tidak benar-benar penting sebab hanya akan memancing pencopet untuk menjadikan kita sebagai sasaran empuknya.

Ketika duduk di dalam kendaraan umum, berhati-hatilah dengan orang yang duduk di sebelah atau berdiri di dekat kita. Jangan tertipu oleh penampilan. Nggak selamanya yang berwajah baik dan berpenampilan rapi pasti berniat baik pula kan?

Ketika akan keluar dari kendaraan umum, waspadalah terhadap orang yang berdiri tepat di belakang kita dengan posisi sangat mepet lalu mendesak-desak agar segera turun. Hal tersebut merupakan salah satu trik pencopet agar dapat menjangkau tas, sekaligus mengalihkan perhatian kita. Biasanya pencopet bekerja tidak sendirian namun berkelompok. Ada yang bertugas mengalihkan perhatian, dan sisanya bertugas untuk merogoh isi tas. Cara mengalihkan perhatiannya pun bermacam-macam. Bisa dengan pura-pura membuat  tersandung atau dengan buru-buru mendesak  turun itu tadi, sehingga perhatian kita teralihkan dan memudahkan temannya untuk memburu isi tas.

Terakhir dan yang paling penting dari semuanya adalah tetap selalu berdoa ketika akan bepergian kemana pun. Hal ini agar kita selalu dalam lindungan-Nya dan terhindar dari hal-hal jahat.

Tagged ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *