Corat-Coret

Pemahaman Terhadap 4 Pilar MPR RI Dalam Berinteraksi

Melihat fenomena yang terjadi saat ini, kemajuan teknologi internet sangat membuka peluang terjadinya pertukaran informasi dan komunikasi yang sangat cepat. Kemajuan tersebut jika tidak disikapi dengan baik maka dapat menjadi penyebab terjadinya perpecahan. Saling serang dengan komentar negatif, cacian, bahkan ancaman sering mewarnai perdebatan atas sebuah isu yang beredar di dunia maya. Tidak jarang hal tersebut akhirnya berlanjut menjadi aksi-aksi brutal di kehidupan nyata. Pastinya sungguh sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman kan?

Nah, salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan kembali memahami dan menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam 4 pilar MPR RI. Keempat pilar tersebut sangat penting dalam menunjang kehidupan berbangsa dan bernegara, serta menjaga keutuhan di dalam masyarakat. Pengetahuan dan pemahaman terhadap 4 pilar MPR RI ini ke depannya bisa menjadi dasar untuk lebih bijak saat berinteraksi di media sosial.

Menggandeng netizen di Kota Semarang dan sekitarnya, pada 16 September 2017, MPR RI menggelar acara bertajuk “Netizen Semarang Ngobrol Bareng MPR RI” di Hotel Grhandika Pemuda. Dalam acara yang berlangsung santai ini, saya dan kawan-kawan yang hadir diajak untuk memahami lebih dalam tentang 4 pilar MPR RI.

Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Semarang
Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Semarang
Apa Saja Sih 4 Pilar MPR RI?

Sebagai tiang keutuhan berbangsa, 4 pilar MPR RI terdiri dari hal-hal mendasar yang pastinya sudah pernah kita kenal saat di bangku sekolah dulu. 4 pilar ini tentu menjadi penyangga yang kokoh untuk menjaga keutuhan di wilayah NKRI.

  1. Pancasila

Pancasila sebagai dasar negara memiliki nilai-nilai dasar penting yang terkandung di masing-masing sila dan butir-butirnya.

  1. Bhinneka Tunggal Ika

Bhinneka Tunggal Ika tentu bukan sekedar semboyan biasa. Bhinneka Tunggal Ika menjadi pengingat bahwa walaupun kita berbeda-beda baik dari suku, agama, dan ras, tapi kita tetaplah satu.

  1. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945

Dalam penyusunan berbagai peraturan hukum di Indonesia, UUD 1945 menjadi titik awal pemikiran untuk membentuk peraturan hukum yang secara hierarki berada di bawahnya. Utamanya apa yang tercantum di dalam amanat pembukaan UUD 1945 mengandung nilai-nilai penting sebagai landasan konstitusi.

  1. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Sebagai sebuah negara kepulauan, NKRI menjadi pemersatu rakyat yang berada di sabang hingga merauke.

Netizen Semarang Ngobrol Bareng MPR RI
Netizen Semarang Ngobrol Bareng MPR RI
Pentingnya Pemahaman dan Penerapan 4 Pilar Oleh Anak Muda Saat Berinteraksi

Sebagai orang yang terjun di dunia pendidikan, saya melihat fenomena yang marak terjadi adalah banyaknya anak muda yang belum mampu menerima keberagaman. Hal ini ditunjukkan dengan dengan seringnya bullying di antara mahasiswa, seringnya berkomentar negatif di public area, dan masih dengan mudahnya berkata negatif terhadap orang lain. Nilai-nilai dasar Pancasila seperti yang tercantum pada masing-masing silanya belum dipahami apalagi diterapkan secara baik.

Hal ini mempermudah munculnya dan tersebarnya berita-berita hoax. Ini kemudian ditanggapi pula secara asal-asalan tanpa adanya pikir panjang. Belum lagi jika ada ‘provokator’ yang memperpanas kondisi tersebut.

Penting bagi pendidik untuk kembali mengingatkan dan memberi pemahaman soal 4 pilar MPR RI. Tentu tidak harus dengan cara yang sangat teoritis seperti saat di bangku sekolah dulu. Melalui tindakan-tindakan nyata rasanya bisa menjadi cara yang cukup ampuh. Dimulai dari diri saya sendiri, yaitu dengan memberikan contoh-contoh yang baik, serta secara terus menerus menyampaikan ajakan untuk berpikir dan berperilaku positif kepada mahasiswa.

Anak muda yang mampu bergerak secara positif dan memanfaatkan sosial medianya secara baik untuk berinteraksi dapat menjadi virus yang efektif untuk menularkan perilaku yang baik kepada teman-teman yang lain. Anak muda pastinya akan lebih keren saat bisa membawa dampak positif kan? Makanya yuk, dibaca-baca lagi soal Pancasila, makna Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945, dan tentang NKRI. Biar makin kenal, makin paham, dan selalu ingat untuk menerapkannya saat berinteraksi dengan orang lain.

7 thoughts on “Pemahaman Terhadap 4 Pilar MPR RI Dalam Berinteraksi

  1. Semacam sudah lama sekali aku gak baca soal 4 pilar, hahaha… Padahal kalo dipikir2 penting juga ya paham & menerapkan soal nilai2 bangsa kita ini

  2. Hikz T_T sedih banget… belakangan ini memang marak sekali kasus bullying dan public shamming .. gatau deh mereka pikirannya gimana 🙁 semoga semakin banyak anak muda yang sadar dan tidak melakukannya lagi.

    1. Kemaren beberapa hasil diskusi dengan anak2 muda, ada beberapa faktor :
      1. Mereka kurang tanggung jawab sebagai mahasiswa maupun pelajar
      2. Mereka banyak menonton tayangan negatif, sehingga perilakunya negatif juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *