Tips

Tips Sepele Supaya Nggak Salah Naik Kereta

Hai gaes. Sudah sering melakukan sesuatu bukan jaminan untuk terhindar dari yang namanya kesalahan loh. Contohnya kaya saya nih, sudah sering berpergian naik kereta, tapiii… masih aja pernah salah naik kereta. Duduk manis di dalam kereta (yang saya kira) menuju ke Surabaya, pamer ke teman – teman via sosmed ‘yeyy, sudah di dalam kereta. Nggak telat. Sudah sempat beli coklat endeusnya dunkin juga. Ada yang mau?’, lalu dengan tenangnya melihat kereta saya yang sebenarnya berlalu pergi begitu saja di jalur sebelah. Beberapa menit kemudian baru sadar kalau ternyata saya berada di kereta yang salah. Mau ke Surabaya kok malah naik kereta yang ke Jakarta. Pantesan nggak berangkat – berangkat! Sakitnya tuh kaya salah milih jodoh gaes.

Nah buat kalian yang suka naik kereta, apalagi yang sama sekali belum pernah bepergian naik kereta, semoga jangan pernah bernasib sama seperti saya ya 😀

Berdasarkan pengalaman pribadi yang menyakitkan ini (lebayyy…), saya kasih TIPS biar perjalanan naik keretamu bisa lancar jaya, sukses sampai tujuan!

  1. Tentukan Tujuan, Tanggal Keberangkatan, Lalu Beli Tiket

Hal ini penting loh gaes (ya iyalah). Pertama, kita harus tau kemana tujuan kita. Mau pergi masa nggak tau kemana tujuannya? Kaya teman saya aja yang belum jelas pilihannya mau menuju ke hati yang mana, eaaaa…! Upss. Kalau beli tiket kereta pasti yang ditanya tujuannya kemana kan. Dari situ juga bisa dicek, apakah tempat yang kita tuju bisa diakses menggunakan kereta api. Kan nggak lucu mau pergi dari Semarang ke Manado tapi naiknya kereta. Emang ada? Hmm, makanya cek dulu. Nanti bisa sekalian dicek, ada berapa pilihan kereta yang melayani rute tujuan kita. Tinggal pilih kereta dan kelas yang sesuai dengan kekuatan isi dompet. Mau kelas ekonomi, bisnis atau eksekutif, sekarang sama aja. Bagus – bagus kok.

Kalau sudah dipastikan tujuan dan tanggal keberangkatan, cusss deh beli tiket. Sekarang nggak cuma kelas kereta aja yang sudah diperbaiki oleh PT KAI. Pelayanan pemesanan dan pembelian tiket kereta juga sudah makin oke. Kamu nggak harus capek antri di loket stasiun untuk bisa mendapatkan tiket. Bisa tinggal mlipir ke tempat – tempat yang sudah bekerjasama dengan PT KAI, misalnya seperti Indomaret dan Alfamart. Lebih gampang lagi bisa juga pesan via website PT KAI atau via aplikasinya di ponsel. Setelah pemesanan, cek ulang namamu, tanggal dan jam keberangkatan, nama kereta, stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan, apa sudah sesuai. Bisa jadi kan petugasnya atau kamunya salah ketik. Kalau sudah oke semua, tinggal bayar deh.

  1. Tiket Sudah di Tangan, Waktunya Berangkatttt

Heii heii, sabar. Pastikan dulu tanggal keberangkatan sudah benar. Kroscek ulang kalender. Jangan terlalu semangat sampai salah tanggal keberangkatan. Ya kali kaya teman saya saking semangatnya mau bepergian, rasanya waktu jadi bergerak 24 jam lebih cepat. Sehari sebelumnya sudah PeDe cantik menyapa bapak penjaga pintu keberangkatan. Lalu berakhir dengan ditolak mentah – mentah. Nggak boleh masuk. Ya iyalahh, hmmm…

Nah kalau tanggal keberangkatan sudah benar, pastikan kamu sudah ada di stasiun lebih awal. Jangan berangkat ke stasiun mepet – mepet. Paling nggak 30 menit sebelumnya sudah di stasiun. Bukannya apa – apa sih, dari pada kamu buru-buru, lari, dan ngos-ngosan mengejar kereta yang tinggal 1 menit mau berangkat. Belum lagi kalau lupa cetak boardingpass, berabe kan? Beberapa hal seperti menyiapkan ID Card, cetak boardingpass, dan memastikan kereta dengan benar menjadi hal penting yang harus dilakukan sebelum berangkat loh gaes. Makanya penting banget untuk ada di stasiun lebih awal dan nggak mepet dengan jam keberangkatan. Soal ini, bisa tanya ke mbak @jemzamanda yang pernah ngerasain dongkolnya ketinggalan kereta gara – gara datang mepet ke stasiun 😀

Di pintu masuk menuju peron, saat sedang proses cek identitas dan boardingpass, jangan malu untuk bertanya ke petugas apakah kereta yang akan kita tumpangi sudah datang. Kalau sudah, ada di jalur berapa. Biar nggak kelewat pede kaya saya. Nggak pake nanya, begitu masuk langsung naik aja ke kereta yang sudah ada di jalur keberangkatan. Padahal itu kereta ke rute lain. Errr…

  1. Yey, Sudah di Kereta! Eh, Yakin? Tanya Ulang Deh

Ini saya banget, hihihi, makanya jadi salah kereta. Pas di pintu keberangkatan tadi, semisal kamu sudah tanya, nanti pas mau naik kereta, tanya lagi deh sama petugas yang biasanya ada berjaga di sekitar kereta yang akan berangkat. Biasanya di jam yang sama, ada beberapa kereta lain yang juga bersiap untuk berangkat. Kadang pengumuman dari speaker petugas stasiun belum cukup ampuh mengingatkan penumpang – penumpang untuk nggak salah naik kereta. Apalagi kalau dalam kondisi stasiun ramai atau penumpangnya sendiri sedang panik gara – gara datangnya mepet. Pokoknya intinya jangan malu buat nanya deh. Mau lebih yakin? Saat sudah di dalam kereta, tanya aja ke penumpang di sebelahmu, ‘om permisi om’…. ‘ini benar kereta A yang mau ke Kota B?’ soal ini saya cuma berdoa semoga om yang kamu tanyain itu juga nggak sedang salah naik kereta, hihihi… Kalau sampai si om salah kereta juga, errr…‘om telolet om’!

Sudah, gitu aja. Sepele sih, apalagi buat yang sudah sering naik kereta, tapi saking sepelenya kadang bikin kita jadi lupa diri. Semoga untuk selanjutnya, perjalananmu (dan juga saya sendiri) akan jauh lebih nyaman dan selalu sampai ke tujuan yang benar, yey!! Happy travel by train

 

2 thoughts on “Tips Sepele Supaya Nggak Salah Naik Kereta

  1. Cetak boarding pass minimal 12 jam sebelum keberangkatan, kak. Jadi jangan terlalu cepet cetak juga, kalau ditolak kan sakitttt…sakittt…sakitnya tuh disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *