Tips, Traveling

Ini Alasan Kenapa Orang Traveling

Pengen traveling? Kemana? Kenapa traveling? Sebenarnya apa sih yang kita cari dari traveling itu? Seperti yang pernah saya sampaikan dalam talkshow komunitas #Ayo Dolan Museum beberapa waktu lalu di Museum Ranggawarsita Semarang, berikut beberapa alasan kenapa orang melakukan traveling.

Banyak orang melakukan traveling dengan 2 (dua) alasan mendasar ini, yaitu hobi dan kebutuhan. Kalo hobi jalan-jalan sih asyik ya? Mau jalan kemana aja, pasti akan menikmati setiap moment. Mau jalan kemana? OKE. Jalan sama siapa? OKE. Perjalanan jauh atau Β dekat? OKE. Cucok kan sudah kaya supir angkot. Perjalanan jauh-dekat sama siapa pun, OKE OKE aja, hahaha…

Hemm, kalau kebutuhan? Banyak banget orang traveling karena kebutuhan, antara lain :

  1. Stress

Tuntutan pekerjaan, tuntutan keluarga, masalah dengan pasangan, masalah sekolah atau kuliah dapat membuat orang stress. Orang gampang marah, gampang putus asa, ataupun gampang sedih. Hal ini yang menyebabkan orang ingin hiburan sehingga memilih traveling sebagai alternatif untuk memulihkan pikiran yang penat akan tekanan.

  1. Ingin tahu

Banyak orang melakukan traveling hanya untuk mengobati rasa penasaran. Misalnya nih, saya belum pernah traveling ke Kota Malang. Ada apa saja sih di sana? Wisatanya apa saja, termasuk ada museumnya nggak sih? Karena saya belum pernah kesana, saya penasaran dong, dan akhirnya bisa memasukkan list kota Malang untuk dikunjungi.

  1. Bosan

Terkadang orang ingin move dari kota asal, bosan dengan rutinitas pekerjaan, sekolah, maupun kehidupan yang monoton. Untuk menyegarkan pikiran maupun perasaan, banyak orang memilih traveling daripada harus berdiam diri di rumah.

  1. Trend

Saat ini traveling sudah menjadi wacana di mana-mana. Banyak media yang menceritakan kehidupan traveler, tempat-tempat yang indah di berbagai penjuru di Indonesia maupun di negara lain. Saking banyaknya informasi tentang kegiatan traveling, saat ini banyak orang yang ikut-ikutan trend saja. Orang rela mengeluarkan uang banyak untuk traveling ke negara lain hanya supaya dianggap kekinian gitu deh. Namanya juga ikut-ikutan trend hehehe…

  1. Pelarian diri

Banyak masalah, stress, juga bosan, lalu memilih tempat wisata seperti pantai atau gunung bisa menjadi pilihan utama. Termasuk saya, ketika saya penat dengan rutinitas pekerjaan, bosan dengan kota yang isinya hanya kemacetan, saya memilih pergi ke pantai untuk meluapkan kepenatan. Sekedar teriak di pantai… β€œGilaaaaa, pengen bebas!!!” Gitu doang sih, tapi percaya nggak habis kamu teriak kaya gitu, urusan kamu kelar, hahaha… Kamu bisa marah dan teriak sepuasnya! Asik kan?! xD

Nahhh, dari beberapa alasan tersebut di atas, kira-kira mana nih yang menjadi alasan kalian melakukan traveling? Atau ada alasan lainnya?

11 thoughts on “Ini Alasan Kenapa Orang Traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *