Kuliner

Jejamuran, Salah Satu Kuliner Unik Jogja

Beberapa hari yang lalu, saya berkesempatan datang lagi ke Jogja. Berhubung kali ini dalam rangka dinas mewakili institusi tempat saya bekerja dengan jadwal yang cukup padat, saya jadi nggak punya banyak waktu untuk mubeng Jogja. Ah, tapi bukan Jogja namanya kalau nggak ada yang bisa dilakukan di sana walaupun dengan waktu yang terbatas. Pasti selalu ada hal menarik yang bisa dilakukan, di antaranya adalah berburu makanan, hehee…

Yupss, selain terkenal dengan objek wisata yang melimpah, kuliner di Jogja pun nggak kalah beragam. Selesai dengan urusan kantor, saya dan teman-teman memutuskan untuk makan dulu sebelum kembali ke Semarang. Pilihan kami jatuh pada salah satu tempat makan yang cukup ngehits untuk dijadikan sasaran berburu kuliner, yaitu Jejamuran. Restoran yang menyajikan berbagai menu olahan serba jamur ini berada di Jalan Pramuka, Niron, Panduwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Sekalian searahlah dengan jalan pulang kami nanti, hehee…

Dari namanya saja, kita pasti sudah bisa mengira-ngira menu apa saja yang disajikan di Jejamuran ini. Serba jamur, jamur, dan jamurrrr. Banyak sekali menu makanan dari bahan dasar jamur yang diolah dengan berbagai macam rasa.

Saya dan teman-teman mencoba icip-icip menu jamur seperti jamur tongseng pedas, sate jamur, jamur bakar pedas, jamur goreng, dan otak-otak. Rasanya? Tekstur kenyal dari jamur, ditambah racikan bumbu yang pas, hmm…yummy! Saya kasih jempol deh.

Menu JejamuranSelain yang kami pesan, sebenarnya masih banyak menu lain seperti pepes jamur, jamur rendang, telur dadar shiitake, king oyster lada hitam, dan yang namanya sedikit aneh adalah jamur masak semur edan. Katanya sih menu yang terakhir ini cocok buat yang doyan pedes.

Untuk minuman, kami memesan yang standar saja, seperti es kunyit asam, es teh, es beras kencur, dan es dawet jejamuran. Eh, dawetnya spesial loh, sebab terbuat dari tepung beras dan jamur kuping, lalu ditambahkan jamur enoki sebagai toppingnya. Agak aneh nggak membayangkannya?? Masih ada menu minuman rada ‘ajaib’ lainnya kok, seperti summer breeze (perpaduan jus jeruk, sparkling soda, dan jamur enoki) atau wedang jejamuran (minuman hangat yang terbuat dari ekstrak jamur Ling Zhi dan rempah-rempah). Lain kali kalau mampir lagi ke Jejamuran, sepertinya wajib coba menu yang belum sempat diicip ini.

Buat saya, tempat makan yang oke itu nggak cuma sekedar kuat di rasa dan mantap di lidah, tapi suasananya juga harus nyaman dan asyik buat foto-foto (asekkk, tetep deh ya narsisnya, hahaha…). Nah, Jejamuran ini masuk dalam kategori oke. Selain rasa makanan dan minuman yang enak dan unik, tempatnya juga nyaman banget.

Tempat yang luas dan besar menjadikan Jejamuran cocok untuk acara makan rame-rame bareng keluarga atau teman-teman. Asyik dan adem juga. Mungkin salah satu sebabnya karena ada kolam ikannya kali ya. Kolam ikannya juga bukan sekedar hiasan saja, tapi kolam ikan terapi. Pengunjung bisa masukin kaki ke dalam kolam tersebut. Tinggal tunggu sebentar, nanti kakinya disamperin deh sama ikan-ikan kecil. Sensasinya? Hmm…geli bingit!

Mini Kebun JamurNah, di sisi lain ruang makan, ada mini kebun jamur loh. Di situ, pengunjung bisa melihat langsung bentuk asli berbagai macam jamur sebelum diolah menjadi hidangan spesial. Sebut saja jamur tiram, jamur kuping, jamur shiitake, dan lain sebagainya. Mini kebun jamur ini pas banget buat foto-foto ketje. Anggap saja mini kebun jamur ini seperti photo booth yang bagus dan unik untuk bernarsis ria.

Boleh Dong Narsis :DOh iya, pengunjung juga bisa loh bawa pulang oleh-oleh khas dari Jejamuran. Ada pilihan kripik jamur merang, atau lodeh dan rendang jamur kaleng. Tinggal pilih…

Hayukss, yang lagi main-main ke Jogja, jangan lupa mampir ke Jejamuran, apalagi buat yang doyan makan jamur. Rekomen!

13 thoughts on “Jejamuran, Salah Satu Kuliner Unik Jogja

  1. ini jejamuran semua makananya terbuat dari jamur semua, saya belum pernah kesana tapi dulu dipameri sama bapak, om dan bulek yg lagi main disana di send via BBM..bikin mupeng deh

  2. Saya dulu pernah coba makan di Jejamuran jg kak dev. Rame2 sama teman kampus. Harganya pas di kantong, rasa pas di lidah. Bolehlah masuk daftar kuliner ok di yogya

  3. Nah ini kesukaan banget nih. All about jamur! Cuma agak susah transport umumnya kalo ga pake kendaraan pribadi. Tapi sukaaa karena banyak masakan jamur 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *