Semarang, Traveling

Must Places to Visit in Semarang City

Berkunjung ke Kota Semarang pasti rugi dong kalau nggak berkunjung ke tempat-tempat wisata yang menarik dan khas. Apa saja? Ini nih, tempat yang wajib masuk list ketika sedang berwisata di Kota Semarang.

  1. Lawang Sewu dan Tugu Muda

Lawang Sewu merupakan salah satu bangunan bersejarah di Kota Semarang. Didirikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1904, bangunan ini awalnya difungsikan sebagai Kantor Perusahaan Kereta Api Belanda. Bangunannya megah dan masih sangat khas tempo dulu. Dinamakan Lawang Sewu (Seribu Pintu) karena banyaknya jendela dan pintu yang terdapat pada bangunan ini. Beneran ada seribu?? Yuks, makanya mampir ke sini dan hitung sendiri 😀

tugu-muda-2Sementara itu, Tugu Muda yang berdiri di depan Lawang Sewu merupakan monumen yang didirikan untuk mengenang peristiwa pertempuran lima hari di Semarang. Jika dilihat, Tugu Muda dibentuk menyerupai lilin. Hal ini dimaksudkan untuk menggambarkan semangat juang para pejuang pada pertempuran lima hari tersebut. Yang tidak kalah menarik, di bagian kaki tugu ada beberapa relief yang masing-masing memiliki makna dan cerita tersendiri tentang sejarah penjajahan dan perjuangan di masa lalu. Tugu Muda pun semakin terlihat menarik dengan taman dan kolam hias yang berada disekelilingnya.

Lawang Sewu dan tugu muda dapat diakses melalui Jalan Pemuda atau Jalan Pandanaran. Lawang Sewu dan Tugu muda bisa dikunjungi bersamaan karena letaknya yang sangat dekat. Di depan Lawang Sewu, Tugu Muda yang menjadi icon khas Kota Semarang ini berdiri dengan gagahnya. Jika bisa memilih spot yang pas, pengunjung bisa mendapatkan sekaligus foto Lawang Sewu dan Tugu Muda.

  1. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong merupaka tempat singgah dan pendaratan Laksamana Cheng Ho, seorang Laksamana Tiongkok yang beragama Islam. Lokasinya berada di daerah Simongan, Semarang.

Sam-Poo-Kong

Dilihat dari arsitekturnya bangunannya, klenteng ini memang menggambarkan percampuran budaya tiongkok dan Islam. Di klenteng ini juga terdapat patung Laksamana Cheng Ho yang berukuran sangat besar.

  1. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah yang diresmikan pada tahun 2006 ini merupakan salah satu masjid termegah di Indonesia. Lokasinya berada di Jalan Gajah Raya, Semarang. Pengunjung yang datang ke masjid ini tidak hanya untuk beribadah, namun ada pula yang datang untuk berwisata religi. Masjid Agung Jawa Tengah memiliki gaya arsitektur yang merupakan campuran khas Jawa, Islam, dan Romawi. Gaya romawi terlihat dari bangunan pilar-pilar di pelataran masjid.

Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah memiliki Al Husna Tower setinggi 99 meter yang juga ikut menjadi daya tarik bagi pengunjung. Pengunjung bisa puas melihat pemandangan saat berada di menara pandang yang terletak di lantai 19 tower.

  1. Kawasan Kota Lama

Kawasan Kota Lama Semarang mendapat julukan sebagai ‘Little Netherland’. Di kawasan Kota Lama, pengunjung bisa menemukan banyak bangunan-bangunan tua bergaya arsitektur Eropa dan kanal-kanal air yang masih ada hingga saat ini.

kawasan_kota_loma_semarang-1

Salah satu landmark Kota Lama Semarang yang menjadi favorit adalah Gereja Blenduk. Kata ‘blenduk’ menunjuk pada kubah yang berada pada bagian atas gereja ini.

Gereja BlendukKarena bentuknya yang unik dan khas, tidak heran jika Gereja Blenduk menjadi destinasi favorit pengunjung saat berkunjung ke kawasan Kota Lama Semarang. Selain itu, saat ini sudah ada Bis Semarjawi loh. Bis wisata ini siap mengantarkan para pengunjung untuk mengitari Kawasan Kota Lama menikmati bangunan-bangunan bersejarah. Ada guide yang akan menjelaskan setiap titik-titik yang dilewati di Kawasan Kota Lama. Keliling kawasan Kota Lama Semarang naik Bis Semarjawi seru juga loh.

  1. Kawasan Simpang Lima

Kawasan Simpang Lima Semarang merupakan sebuah lapangan besar yang terletak di jantung Kota Semarang. Dinamakan simpang lima karena lokasinya yang berada di persimpangan lima jalan, yaitu Jalan Pahlawan, Jalan Ahmad Yani, Jalan Pandanaran, Jalan Gajah Mada, dan Jalan Ahmad Dahlan.

LAPANGAN SIMPANG LIMALapangan simpang lima menjadi kawasan terbuka bagi masyarakat Semarang untuk melakukan berbagai aktivitas. Di malam hari, di kawasan ini pengunjung bisa puas bermain sepeda berlampu, in line skate, foto-foto, atau sekedar duduk-duduk sembari menikmati camilan dan minuman ringan. Kawasan ini akan semakin padat saat weekend atau hari libur. Belum lagi di hari-hari tertentu sering diadakan event-event seru. Saat ini Kawasan Simpang Lima sudah ramai dengan berdirinya hotel-hotel berbintang serta pusat perbelanjaan. Selain itu, saat malam hari, di sekitar Simpang Lima pengunjung bisa puas berwisata kuliner.

Nah, tempat – tempat tersebut ‘rasanya’ Semarang banget, jadi nggak bakal ditemuin di kota lain. So, kalau ke Kota Semarang, jangan sampai nggak wisata ke sana ya…

Gambar : dokumentasi pribadi dan dari berbagai sumber

3 thoughts on “Must Places to Visit in Semarang City

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *