Kuliner

Nikmatnya Olahan Rempah di Warung Jahe Rempah “Mbah Jo”

Indonesia merupakan negara yang terkenal kaya akan rempah-rempah. Kekayaan tersebut tidak disia-siakan dengan dimanfaatkannya rempah-rempah untuk berbagai olahan kuliner khas Nusantara. Bisa dibilang, kuliner Indonesia itu lekat dengan cita rasa rempah-rempahnya.

Selain dapat dimanfaatkan untuk bumbu masakan, beberapa rempah-rempah juga dapat dimanfaatkan khasiatnya untuk kesehatan dan diolah menjadi minuman. Contohnya seperti di Warung Jahe Rempah “Mbah Jo” yang ada di Kota Semarang. Setelah cukup lama hanya mendengar mengenai keberadaan Warung Jahe Rempah “Mbah Jo” dari seorang teman, akhirnya beberapa waktu lalu saya bisa juga datang untuk icip-icip di warung yang terletak di Jalan Menteri Supeno I atau belakang Gedung Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ini.

Seperti namanya, Warung “Mbah Jo” hanya berupa sebuah kios kecil sederhana. Di bagian depan ditambahkan sedikit area duduk dengan dua meja panjang untuk pengunjung.

Warung “Mbah Jo” ini konon sudah buka sejak puluhan tahun yang lalu. Diolah secara tradisional, racikan rempah-rempah dengan cita rasa yang khas sukses memikat berbagai kalangan dan usia. Tidak heran jika Warung Jahe Rempah “Mbah Jo” masih eksis bertahan hingga saat ini.

Menu di Warung Jahe Rempah "Mbah Jo"

Dari beberapa menu yang ada, saya memilih dua menu sekaligus. Minuman tradisional yang menjadi favorit saya yaitu Kunir Asam, serta Jahe Rempah untuk menjawab rasa penasaran saya pada menu andalan di Warung “Mbah Jo”. Sambil menunggu pesanan datang, saya pun melihat-lihat menu makanan dan camilan yang tersaji di meja. Di Warung “Mbah Jo” beberapa menu makanan dan camilan ini bisa langsung diambil sendiri oleh pengunjung. Ada nasi bungkus, mie, kacang-kacangan, kerupuk, pisang aroma, pisang rebus, ketan, hingga beberapa jenis gorengan. Pilihan saya pun jatuh pada ketan bubuk, hehee…

Ketan Bubuk, Salah Satu Camilan di Warung "Mbah Jo"

Beberapa menit kemudian pesanan saya pun datang. Wah, saya sedikit kaget dengan tampilannya. Jauh berbeda dengan kunir asam yang biasa saya minum di penjual jamu gendong keliling langganan saya. Begitu pula dengan Jahe Rempahnya. Begini nih penampakan Kunir Asam dan Jahe Rempahnya. Ternyata tidak hanya Indonesia yang kaya akan rempah-rempah, hidangan wedang di Warung “Mbah Jo” ini pun di dalam gelasnya benar-benar kaya akan rempah-rempah 😀

Kunir asam :

Kunir Asam

Rempahnya Banyak Banget

Jahe Rempah :

Jahe Rempah

Rempah-Rempahnya Dikeluarin Dulu Sebelum Diminum

Berbagai menu wedang di Warung “Mbah Jo” ini dibuat dari rempah-rempah yang digeprek, lalu disiram dengan air panas, dan ditambahkan gula batu sebagai pelengkap. Rasanya? Pas dan enak banget! Sensasi hangat, asam, dan sedikit manis langsung terasa ketika saya menyeruput olahan Kunir Asam dari gelas. Lalu untuk Jahe Rempah, sensasi hangatnya lebih terasa. Ada potongan jeruk nipis yang menambah sensasi nikmat, tapi tidak terlalu asam. Jahenya pun terasa sekali. Tubuh saya langsung berkeringat dan rasa lelah hilang seketika. Benar-benar terasa khasiatnya.

Buka dari jam 06.00 – 22.00 WIB setiap hari Senin – Jumat, dan Minggu dari jam 18.00 – 22.00 WIB, Warung Jahe Rempah “Mbah Jo” selalu ramai pengunjung. Biasanya, Warung Jahe Rempah “Mbah Jo” ramai saat malam hari. Kadang saking ramainya, beberapa pengunjung tidak kebagian meja dan harus rela duduk di kursi tambahan.  Soal harga tidak perlu khawatir, semua serba terjangkau. Untuk Kunir Asan dan Jahe Rempah yang saya pesan tadi, saya cukup membayar Rp 5000,- saja. Sedangkan menu makanan dan camilannya juga murah-murah. Dompet aman kok kalau kulineran ke Warung “Mbah Jo”.

Warung Jahe Rempah “Mbah Jo” ini wajib masuk dalam daftar kunjungan kuliner kalau anda sedang ke Kota Semarang. Murah meriah, nikmat, dan sehat pula 🙂

3 Banner Mei - Jun

7 thoughts on “Nikmatnya Olahan Rempah di Warung Jahe Rempah “Mbah Jo”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *