Kuliner

Nikmatnya Pahit Gurih Makan “ROTAN” di Palangka Raya

Teman saya pernah bercerita bahwa rotan menjadi kuliner khas di Kota Palangka Raya, ibu kota Kalimantan Tengah. Hah? Rotan kok dimakan? Nggak beracun? Bagaimana ya rasanya? Pertanyaan – pertanyaan tersebut seketika muncul dalam pikiran saya. Selama ini yang saya tahu, rotan sering digunakan sebagai bahan dasar membuat meja, kursi, dan berbagai jenis furniture maupun anyaman lainnya. Nah ini? Dimakan…! Bagaimana rasanya? Saya pun penasaran untuk mencicipi menu yang satu ini ketika berkesempatan menghabiskan liburan akhir tahun lalu di sana.

Rotan yang dimaksud ternyata adalah rotan muda, atau orang dayak biasa menyebutnya sebagai ‘umbut rotan’. Agar bisa dimakan, rotan yang dipilih harus benar-benar muda sehingga masih lunak dan dapat diolah menjadi makanan. Biasanya, umbut rotan ini diolah menjadi sayuran berkuah bersama terung asam, ubi keladi, dan bumbu-bumbu sayur lainnya. Nikmat sekali apabila disantap bersama ikan bakar. Menu olahan sayur umbut rotan ini biasanya menjadi salah satu menu andalan di rumah makan yang menjual makanan khas Kalimantan Tengah.

Ketika itu, saya berkesempatan untuk mencicipi umbut rotan dalam olahan masakan yang berbeda. Di tangan chef dari RD Bone Cafe di daerah Jalan Sisingamangaraja, Palangka Raya, umbut rotan tersaji secara berbeda dengan menu yang diberi nama ‘Rotan Cabe Merah Garam’. Harga satu porsinya berkisar Rp 25.000,-.

‘Rotan Cabe Merah Garam’ terbuat dari rotan muda yang digoreng menggunakan tepung berbumbu sehingga menciptakan sensasi crispy. Setelah digoreng, rotan masih dicampur dengan garam dan cabe merah yang dipotong kecil-kecil, lalu disajikan. Rasanya cukup unik di lidah. Rasa pahit yang khas dari rotan masih terasa, bercampur spicy dari cabe merah dan asin dari garam. Pahit namun gurih menjadi ciri khas dari kuliner rotan ini.

Dokumentasi Pribadi : Rotan Cabe Merah GaramOlahan menu ‘Rotan Cabe Merah Garam’ berbeda dengan olahan rotan yang biasanya dibuat menjadi sayuran berkuah sebagaimana tersaji di rumah makan atau restoran kuliner khas Palangka Raya. Nah, bagi anda yang berkesempatan mengunjungi Palangka Raya, maka tidak ada salahnya untuk mencoba olahan kuliner khas Palangka Raya yang satu ini.

 

3 thoughts on “Nikmatnya Pahit Gurih Makan “ROTAN” di Palangka Raya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *